Jumat, 21 Oktober 2016

Tindak Kejahatan(Begal)



Masalah-masalah social yang ada dimasyarakat, tindak kejahatan atau begal.
Begal akhir-akhir ini semakin brutal saja sob. Dengan tanpa ampun, mereka menghalalkan segala cara untuk merampas apa yang bukan hak mereka. Tanpa kasihan, mereka melukai bahkan membunuh korban yang sudah diambil barang berharganya. Nah, berdasarkan kejadian yang mengerikan akhir-akhir ini tentang begal, ane secara khusus ingin membahas tentang begal motor yang semakin meresahkan masyarakat di wilayah kemayoran Jakpus. Kira-kira apa sih yang membuat mereka bisa brutal dan tanpa ampun menyerang korbannya? Apa ya motivasi mereka melakukan hal keji seperti itu?? Mari kite bahas dan kaji bersama-sama yuk bro, check this out ya!
Ilustrasi jambret
Ilustrasi Jambret
Kejahatan seperti ini sebenarnya sudah terkenal sejak lama brosist. Tercatat sejak awal tahun 2000an juga sudah ada kejahatan yang satu ini. Saat itu, saya ingat dengan image begal yang identik dengan motor-motor 2 tak kencang. Sasarannya orang-orang terkhusus perempuan yang membawa tas samping. Biasanya,mereka menarik tas tersebut,namun tidak sampai melukai ataupun membunuh korban. Kejahatan seperti ini biasa dikenal jambret brosist.
Semakin sulitnya mencari Rupiah akhir-akhir ini menuntut mereka untuk lebih sadis lagi,tentu untuk mendapat hasil yang lebih besar daripada sekedar tas saja tuh brosist. Motor,yang menjadi sasaran empuk mereka hingga saat ini,dianggap paling mudah untuk menghasilkan uang yang instan. Tentu,tanpa memikirkan bagaimana korban tersebut mendapatkan motor itu,ataupun tanpa memikirkan ternyata korban adalah kepala keluarga,mereka tampaknya tidak peduli brosist. Mungkin yang ada di benak mereka,hanya bagaimana mendapat uang yang instan tanpa peduli bagaimana caranya,haram atau halal,mereka tetap tak peduli.
Tapi,apa hanya motif ekonomi ya yang mendorong mereka melakukan hal keji macam ini? Apakah hanya untuk menafkahi keluarga,mereka berani melukai bahkan membunuh orang yang tidak bersalah? Menurut opini saya dan berdasarkan beberapa penelusuran,ternyata gak cuma motif ekonomi aja loh brosist.. Ada beberapa motif lagi yang sebetulnya sepele. Yakni seperti kecemburuan sosial,salah pergaulan dan yang lebih sepele lagi,motif gagah-gagahan brosist.
Kecemburuan sosial adalah munculnya kesenjangan sosial antara orang yang berkecukupan dengan orang yang agak kekurangan. Singkatnya sudah tidak ada lagi kesetaraan di masyarakat sehingga masyarakat yang serba kekurangan merasa sangat terhimpit dengan keadaan yang serba sulit. Hal ini sepertinya agak sensitif jika dibicarakan brosist,karena saya juga belum cukup ilmu untuk membahas perihal kesenjangan sosial ini.. Tapi sering saya lihat,banyak orang-orang hebat yang saya sangat bangga mereka bisa melakukan hal hebat dengan segala kekurangannya,tanpa melakukan hal-hal keji macam begal dan mencuri..
Salah pergaulan.. untuk hal ini memang tergantung dari diri kita sendiri brosist. Bagaimana mencari teman yang berimbas positif bagi diri kita juga. Banyak dari begal yang ketika ditangkap,mereka mengakui hanya disuruh teman,atau ikut-ikutan dsb. Seperti di Depok kemarin tertangkap 3 begal yang ternyata masih seumuran saya,masih remaja 17-20 tahunan brosist.. Sungguh mengerikan ketika ternyata remaja seumuran saya sudah berani melakukan hal-hal keji seperti membunuh dan melukai orang. Apa yang mereka fikirkan ya? Apa ngga ingat orangtua yang membesarkan mereka??
Gagah-gagahan atau gentleman(katanye), nah yang satu ini lucu ya brosist. Jika biasanya manusia gagah-gagahan di bidang olahraga,begal ini gagah-gagahan di bidang kejahatan. Seperti yang saya dengar di dialog sebuah TV,ada pakar kriminolog yang mengungkapkan kalau salah satu motif mereka melakukan hal keji ini adalah gagah-gagahan brosist. Kok bisa ya??? Ternyata jika mereka mendapatkan motor hasil dari membegal dan jika korbannya terbunuh,mereka akan disegani oleh teman-temannya bahkan lingkungannya. Dan juga mereka mencoba menguji kekuatan kebal mereka yang didapatkan dari jimat. Caranya? ya begal brosist. Ketika diinterogasi,banyak dari begal ini mengaku mereka memakai susuk kebal yang ditanam di tubuhnya,tujuannya supaya nggak bonyok ketika ditonjok atau nggak terluka ketika kena benda tajam. Hasilnya? Ya bonyok juga brosist kalau dihajar ramai-ramai oleh warga.
Memang,ketika masyarakat sudah geram,pasti mereka melakukan hal yang sesuai dengan kekesalan mereka selama ini. Bahkan yang baru-baru ini sedang hot dibahas di jagat internet,satu begal tertangkap di daerah Pondok Aren,Tangerang Selatan setelah melakukan begal terhadap salah satu pengguna sepeda motor. Menurut saksi,karena kesal begal tersebut selalu melawan,akhirnya warga geram dan membakar begal tersebut hingga tewas.. Merinding disko brosist…
Ngeri banget,dibakar brosist :(
Ngeri banget,dibakar brosist😦
Kabarnya,menurut penelusuran polisi,begal ini datang dari daerah Lampung dan mereka sudah sangat terorganisir. Total begal yang sudah tertangkap saat ini menurut data kepolisian sebanyak 48 orang,14 orang dilumpuhkan brosist. Untuk kendaraan yang dijadikan barang bukti sebanyak 120 kendaraan roda 2 dan 21 kendaraan roda 2. Serta ditemukan juga barang bukti 15 jenis senjata api maupun senjata tajam bersamaan dengan tertangkapnya mereka.
Eh,ternyata tidak semua begal ini garang dan jahat loh brosist. Buktinya salah satu begal yang mengaku ingin taubat ini datang ditemani ibunya ke kantor polisi daerah Lampung tengah guna mempertanggungjawabkan kelakuannya. Pemuda yang bernama Akbar ini datang langsung ke polsek Gunung Sugih Lampung Tengah ditemani ibunya pada tanggal 16 Februari lalu. Wah,tindakan yang patut diacungi jempol. Berani mempertanggungjawabkan perbuatannya yang salah.

Nah sekian deh artikel yang ane sampein, semoga bermanfaat dan juga jangan lupa berdoa kepada ALLAH SWT agar diberikan keselamatan, aminn. Wasalamualaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar